5 Cara Seorang Mentor Bisa Membantu Karier Lebih Berkembang

Mereka membiarkan karyawan baru untuk meraba-raba sendiri proses kerja yang harus ia hadapi. Padahal, penting bagi perusahaan untuk membantu mereka dalam proses transisi selama masa probation. Perusahaan, atau dalam hal ini departemen HRD harus memastikan bahwa proses tersebut melibatkantraining, saling memahami rangkaian kesepakatan yang disetujui dan evaluation secara berkala. Proses ini akan membantu kita menghindari masalah-masalah kecil yang berpotensi menjadi besar di masa ke depan. Tanggung jawab sebagai seorangmentorini tentu saja bukan hal yang mudah.

Jenis pemimpin ini sangat terampil dalam membangun semangat kerja karyawan dan membantu orang terlibat kembali dengan pekerjaan mereka. Manajer kemudian mengenali anggota tim tertentu untuk kinerja luar biasa dan membahas tujuan yang dicapai oleh tim. Terakhir, manajer menutup rapat dengan mengumumkan kontes untuk memulai kuartal berikutnya, memotivasi staf penjualan untuk mencapai tujuan mereka. Jenis pemimpin ini sering membantu anggota tim dalam menetapkan tujuan cerdas dan kemudian memberikan umpan balik rutin dengan proyek yang menantang untuk mendorong pertumbuhan. Mereka terampil dalam menetapkan ekspektasi yang jelas dan menciptakan lingkungan yang positif dan memotivasi. Karena itulah, jangan menghambat kreatifitas karyawan millenial dengan melarang mereka menggunakan teknologi dan media sosial.

Menjadi seorang mentor untuk para pekerja baru

Tidak bisa menemukan beberapa mentor kuat yang mampu memberikan tentang pengetahuan-pengetahuan mendalam dan soal tanggung jawab. Posisi manager diberikan otoritas yang lebih untuk mengatur setiap operasional perusahaan tersebut termasuk mengatur kinerja para pegawai. Selain itu seorang manager juga akan mendapatkan gaji yang lebih besar dibandingkan pegawai lainnya. Panduan untuk menjadi Freelancer ini cukup panjang bukan tanpa alasan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan karena karir sebagai freelancer adalah pilihan yang cukup drastis dalam hidup.

Ada begitu banyak pelajaran dan pengalaman baru yang membanjiri pikiran mereka yang justru hal ini akan membingungkan. Untuk membuat proses ini lebih muda, onboarding harus dijadwalkan dengan baik dan disesuaikan dengan kecepatan belajar individu. Setiap perusahaan memiliki proses onboarding karyawan yang berbeda-beda baik dari segi kualitas, formalitas dan kelengkapannya. Pada kenyataannya semakin baik sebuah program onboarding, maka semakin berhasil pula sebuah perusahaan mencetak generasi karyawan baru yang berkualitas.

Jika Pelatih memiliki tujuan utnuk mencapai goal dari coachee nya maka trainer disini bertugas untuk meningkatkan atau menambah ability dari trainee nya. Pelatihan yang melibatkan peserta untuk bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan. Program pelatihan kerja disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia , Standar Internasional dan/atau Standar Khusus. SKKNI sendiri disusun berdasarkan kebutuhan lapangan usaha yang sekurang-kurangnya memuat kompetensi teknis, pengetahuan, dan sikap kerja.

Manusia pada dasarnya merupakan mahluk sosial yang mau tidak mau harus hidup berdampingan dengan manusia lain. Bagi Anda yang baru lulus, mempunyai koneksi yang luas akan menjadi “aset” yang berharga. Selain mempunyai banyak teman, koneksi yang Anda miliki dapat dijadikan tempat untuk bertukar informasi, ilmu pengetahuan, tips memenangkan hati para interviewer, dan lain sebagainya. Agar Anda lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus, Anda harus memiliki pengalaman. Karena baru contemporary graduate, banyak dari Anda yang tentunya merasa tidak memiliki pengalaman. Namun, jangan salah, pengalaman berorganisasi, magang atau kegiatan lainnya yang terkait juga dapat dimasukan sebagai pengalaman kerja recent graduate.

Sebelum kamu membuat berbagai keputusan, kenali dan pahami dulu orang-orang yang ada di bawahmu. Sesekali berbincang dan bertatap muka dengan satu persatu karyawan yang ada di tokomu juga bisa membantumu menciptakan hubungan yang baik dengan mereka. Seringkali kita terjebak dalam upaya untuk menjadi seorang pemimpin dengan kinerja yang baik, tetapi mengesampingkan karyawan sehingga menciptakan kesan sebagai manajer yang kaku dan kurang disenangi bawahan. Padahal sebagai pemimpin, kita sangat butuh dukungan bawahan untuk mencapai target yang sudah kita canangkan.

Bisa diakui begitu karena setiap orang tentu punya cara sendiri untuk mendapatkan seorang mentor. Baik itu dinanti, atau dicari, intinya seorang mentor bisa datang dari mana Onlen Game saja. Misalnya dari lingkungan kerja, guru, dosen semasa kuliah, komunitas, atau bahkan teman yang sudah punya banyak pengalaman karier dan berhasil sukses di suatu bidang.