6 Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Membangun Bisnis Dengan Keluarga

Jujur, bila saya yang ditanyai hal itu, jawaban saya akan sangat subjektif karena saya lebih mudah menempatkan diri sebagai seorang pemilik bisnis daripada pemimpin bisnis. Namun, saya yakin, Bapak Sudin akan mendorong putranya itu untuk earn the respect dengan achievement-nya bila waktu bisa diputar kembali. Dalam perjalanannya, proses jatuh bangun seakan menjadi vitamin yang menguatkan mereka.

Sebagai langkah awal, Anda sebagai suksesor dan orang tua Anda sebagai pendiri bisnis, harus sama-sama merasa optimis akan regenerasi dari bisnis keluarga. Maka dari itu, biasanya hal pertama yang Anda lakukan untuk membangun bisnis keluarga adalah membuat atau memperbaharui konsep yang sebelumnya sudah Anda. Memang, kedengarannya enak, saat orang-orang lain harus berusaha dari nol untuk membuat bisnis, Anda hanya diminta untuk membangun bisnis keluarga yang sudah ada. Keberlanjutan bisnis keluarga sangat bergantung pada faktor saling percaya serta komitmen keluarga yang kuat dalam manajemennya . Perkembangannya, dalam Kurikulum 2018 pembelajaran ini menjadi sebuah bidang kajian yang dapat dipilih mahasiswa. [newline]Penelitian terkait pengembangan Ilmu Pengetahuan Bisnis Keluarga pada Program Doktor Ilmu Ekonomi Unpar juga diberikan peluang.

Dengan menjalankan bersama keluarga, Anda juga akan lebih menghemat pengeluaran karena tidak terikat dengan sistem gaji. Tidak harus menyertakan keluarga besar dengan jumlah anggota yang banyak, Anda juga bisa kok menjalankan bisnis dengan keluarga kecil saja. “Sebagaimana perkembangan bisnis keluarga, mereka akan butuh terus berubah dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Sun Life bermitra institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi kami. Dalam perencanaan masa pensiun dan suksesi bisnis, hampir semua (97%) pemilik bisnis keluarga di Indonesia yang disurvei mempertimbangkan exit plan, dan 88% telah memulai perencanaan suksesi atau regenerasi bisnis. Bisnis keluarga yang berhasil mengetahui cara memanfaatkan merek atau nama baik keluarga untuk keuntungan perusahaan. Hal ini dilakukan karena umumnya bisnis keluarga lebih dipercaya oleh klien dan konsumen.

Bisnis dengan keluarga

“Almarhum ini ada anak tujuh orang, yang ikut kemarin Erianti. Uang diberikan untuk pengendalian COVID-19 dan kesehatan karena keluarga prihatin melihat ini,” kata Hardi. Sosok keluarga pengusaha Akidi Tio, yang menyumbang Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 ke Polda Sumatera Selatan, akhirnya terungkap. Tommy memiliki sejumlah bisnis yang bergerak di pelbagai bidang, mulai dari bisnis pupuk, sirkuit, hingga perhotelan. Bahkan, Budi Hartono pemilik PT Djarum dinobatkan oleh majalah Forbes menjadi orang terkaya nomor 1 di Indonesia. Tampaknya, keputusan Ayah dari Budi Hartono untuk membeli perusahaan rokok di Kudus yang hampir gulung tikar ini benar-benar membuahkan hasil. Selain mempelajari kelemahan dan memperbaiki kesalahan, Anda dituntut untuk terus mempertahankan prestasi dari generasi sebelumnya.

Mereka turut membentuk PT Suryawisata yang bergerak dalam jasa pariwisata. Di bidang properti, ada anak perusahaan PT Suryaduta yang membangun proyek gedung-gedung perkantoran, juga PT Taman Mustika Doho yang mengembangkan bisnis real estate. Meskipun bisnis dihandle oleh orang-orang yang masih dalam lingkaran keluarga, bukan berarti dapat dijalankan semaunya.

Ia senang sekali dapat diberikan kesempatan untuk bisa mengekspor produk dengan proses yang mudah. Dengan mengetahui sistem pengelolaan keuangan ini nantinya Anda bisa tahu langkah apa yang harus diperbaiki, maupun yang perlu dipertahankan. Karena kadang di dalam bisnis keluarga itu masalah pengelolaan keuangan tidak dibuat dengan terperinci.

Sumber daya yang sudah tercukupi meyakinkan Tiffany untuk kembali mencoba menjalankan bisnis online di Shopee sampai akhirnya omzet yang dimiliki Daster Ony jauh melejit lebih besar dibanding toko on-line pertamanya di Shopee. Sang anak pun kadang-kadang merasa jumawa dan menganggap bisa langsung menjadi direktur. Masih lumayan jika anak sudah sempat mencicipi pekerajaan di sela-sela pendidikannya. Apalagi hingga saat ini masih beredar kabar generasi pertama membangun, generasi kedua membesarkan, dan generasi ketiga menghancurkan. Ini membuat proprietor Beli Free Spin tak hanya ragu, tetapi takut jerih payah yang dibangun bertahun-tahun kelak akan rata dengan tanah.

Dengan kata lain, bisnis membutuhkan seorang pekerja keras yang mampu mengerjakan banyak hal dengan tepat. Kamu akan membutuhkan waktu cukup lama untuk benar-benar memahami sistem yang diterapkan di dalam bisnis keluarga tersebut. Makanya, akan sangat baik jika sebelum menangani langsung bisnis tersebut, Anda sudah ikut terlibat dan menjadi “karyawan” di sana. Komunikasi adalah faktor paling penting dalam bisnis keluarga agar berjalan lancar. Hubungan saling percaya adalah salah satu aset paling berharga dari bisnis keluarga. Dengan tidak adanya komunikasi, orang akan menarik kesimpulan sendiri – yang seringkali negatif.