Cara Mengajari Anak Menabung

Mempersiapkan dana pensiun bahkan sama pentingnya dengan mempersiapkan dana darurat. Maka dari itu, sisihkan dana pensiun sejak dini untuk kehidupan masa tua yang lebih menenangkan. Anak muda, Anda harus tahu beberapa jenis tabungan yang harus dimiliki. Harapannya melalui kegiatan ini, lanjut dia, dapat meningkatkan literasi finansial di masyarakat, khususnya generasi muda. Program CELENGAN merupakan bentuk tindak lanjut dari program OJK, yaitu KEJAR Satu Rekening Satu Pelajar.

Edukasi menabung sejak dini ini, merupakan hal sangat positif yang kelak dapat menjadi suatu pola kebiasaan bagi anak untuk menentukan kehidupan dan pencapaiannya dimasa mendatang. Maka dari itu, orang tua seharusnya memahami bagai mana cara mengajarkan anak cara menabung. Anda bisa menggunakan celengan dengan bentuk lucu atau bisa dengan karakter mainan favorit kesukaannya untuk menabung uang koin. Gunakan celengan yang terbuat dari plastik tanpa harus ada bukaan kunci. Ini menghindari anak tergoda untuk mengambil tabungan sebelum uangnya terkumpul.

Menabung sejak dini

“Antusias anak-anak terlihat jelas, mereka dapat motivasi yang banyak dan mulai menyisihkan sedikit uang jajannya untuk ditabung,” ungkapnya. Dengan gemar menabung sejak dini, mereka bisa menghindarkan diri dari budaya konsumtif yang berlebihan dan hasil dari menabung ini manfaatnya bisa mereka rasakan ke depannya,” ujarnya. Dengan membiasakan diri untuk menabung, artinya kamu juga dapat membuat karakter atau pribadi kamu menjadi orang yang lebih bertanggung jawab. Oleh karena itu, manfaat-manfaat di atas bisa kamu nikmati sekaligus hanya dengan terus menerapkan menabung dalam keseharianmu.

Apabila tabungan anak sudah mencapai 25% dari total yang ia inginkan, Anda bisa memberikan anak hadiah agar ia tambah semangat mengumpulkan uang tabungan. Setelah anak mengerjakan tugas, berikan anak jatah uang secara mingguan atau bulanan. Tentu tujuannya untuk membiasakan anak-anak mengatur uangnya dan memotivasi mereka untuk terus mengumpulkan uang. Dengan begitu, anak Anda akan memahami bahwa ia harus bertanggung jawab atas uangnya sendiri mau dipakai untuk apa. Anak Anda pun akan bisa menyisihkan sisa uang jajannya untuk ditabung dan dibelikan barang berharga yang ia inginkan di kemudian hari. Nggak cuma buka tabungan dan deposito di financial institution Kingkong Games, tapi kamu juga bisa mencoba instrumen investasi, seperti reksadana.

Anak-anak mulai dikenalkan proses menanbung dari pembukaan tabungan di customer support dan penyetoran tabungan di teller. Menambah keseruan acara, para penabung cilik diajak untuk mengikuti lomba mewarnai icon Tabungan Simpel dan menonton video pendek tentang Tabungan Simpel. Sembari menunggu anak-anak lomba mewarnai, para orang tua yang mendampingi diberikan sosialisasi mengenai pentingnya memperisapkan tabungan masa depan anak-anak melalui Tabungan Sikaya.

Bahkan di Amerika Serikat, urusan ini menjadi penyebab utama perceraian. Menghindari stress merupakan salah satu alasan kenapa Anda harus mulai menabung. Dengan jumlah tabungan yang cukup dan jaminan keuangan, hubungan Anda dan pasangan akan semakin harmonis. Salah satu pilihan adalah BRI Junio, yang salah satu keunggulannya adalah terdapat fitur autodebet. Jadi, dari rekening Bunda nantinya dapat diatur untuk melakukan autodebet setiap bulan dengan besaran tertentu ke rekening BRI Junio si kecil.

Anak-anak umumnya belajar tentang cara mengelola keuangan dari orangtuanya. Jadi, secara tidak langsung orangtua adalah inspirasi anak untuk memulai menabung dan menangani uang dengan memerhatikan orangtua mereka. Terutama jika anak ingin bersekolah di tempat yang butuh biaya besar, seperti sekolah penerbangan atau ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Tentu sebagai orang tua ingin sekali mewujudkan cita-cita anak, untuk itu merencanakan pendidikan anak sedini mungkin akan lebih baik. Setelah melangsungkan pernikahan, Anda bisa mulai membicarakan memiliki rumah dengan pasangan dan mulai merencanakan investasi untuk membeli rumah. Anda bisa saja menabung di financial institution seperti biasanya, tetapi akan lebih maksimal jika uang tersebut diinvestasikan, karena berpotensi mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada tingkat inflasi.