Keuntungan Politik Tiongkok Dari Distribusi Vaksin Covid

TRIBUNNEWS.COM – Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas menyebut China dan Rusia memiliki tujuan politik di balik distribusi vaksin Covid-19 produksinya di beberapa negara. Abetnego juga menyampaikan pelibatan TNI dan Polri dalam penanganan covid-19 maupun vaksinasi didasarkan pemetaan institusi tersebut memiliki jaringan pusat kedokteran serta kesehatan luas serta sumber daya manusianya. Pola ini berulang di seluruh dunia dan mengikuti upaya negara-negara kaya untuk membeli di muka miliaran dosis vaksin Covid-19 yang cukup untuk menutupi populasi mereka beberapa kali lipat. [newline]Selain dari persoalan teknis, ruwetnya distribusi vaksin COVID-19 juga terkendala pandangan politik. Deputi Bidang Kemanusiaan Kantor Staf Presiden , Abetnego Panca menyebut ada pemerintah provinsi yang sengaja tidak mendistribusikan vaksin COVID-19 karena berbeda pandangan politik dengan pemerintah pusat.

Politik Vaksin

Sebelumnya, pemerintah menggencarkan program vaksinasi untuk mencapai goal minimal 70 persen dari whole populasi guna menciptakan kekebalan kelompok. Menurut Our World in Data, per 17 Agustus baru 10,9 persen populasi yang divaksinasi lengkap. JAKARTA, KOMPAS.com – Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pemerintah tetap menjalankan program vaksinasi gratis meski ada layanan vaksin berbayar yang dijalankan Kimia Farma dan Biofarma. Pernah juga viral di media sosial tentang penolakan untuk divaksin oleh seorang politikus partai pendukung pemerintah.

Di dalam APBN 2021 pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan vaksin sebesar Rp 18 triliun, seperti dilansir dari Kompas. Sementara untuk program vaksinasi sebesar Rp three,7 triliun dengan pengadaan sarana dan prasarana penunjang sebesar Rp 1,3 triliun. Sehingga whole anggaran yang telah dirancang untuk proses pengadaan hingga distribusi vaksin ke masyarakat mencapai Rp 23 triliun. Menurut information dari New York Times, angka vaksinasi harian di Amerika terus meningkat. Per berita ini ditulis, Amerika menyuntikkan kurang lebih 3 juta dosis vaksin COVID-19 per hari.

Rocky menyebut hal itu masuk akal karena baginya, pengujian vaksin harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang akan menerimanya. Rocky Gerung bicara soal Vaksin Nusantara Rocky juga mengaku melihat adanya suatu pemberontakan dari para elit politik. Mereka ingin menyatakan bahwa seharusnya ada kemandirian dalam hal pengembangan vaksin di Indonesia. Dari argumentasi medis itulah idealnya Komisi IX DPR bersikap dan bertindak tetap mendukung atau tidak melanjutkan uji klinis Vaksin Nusantara.

Vaksin Nusantara dikembangkan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Pengujian vaksin yang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto ini menggunakan sampel darah sasaran penerima vaksin. “Periksa Pemda dan khusus Dinas Kesehatan Riau, yang hanya melakukan Swab terhadap 500 orang per hari, padahal harusnya 3000 mangkanya OTG dan kasus COVID meningkat terus.

“Jika seluruh tahapan uji klinis ini berjalan baik, maka izin edar vaksin merah putih diproyeksikan diperoleh pada akhir 2021 dan didistribusikan pada awal 2022,” ujar Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 19 November 2020. Setelah itu, Bio Farma harus terlebih dahulu melakukan uji klinis fase I sampai III guna memastikan bahwa vaksin Covid-19 merah putih aman digunakan ke manusia. Jika berhasil mengantongi izin edar, barulah vaksin dapat didistribusikan ke seluruh Indonesia. Menteri luar negeri Taiwan, Kamis (3/6), mengatakan China sedang mencari keuntungan politik di luar negeri sebagai imbalan menyediakan vaksin dan bantuan pandemi lainnya. Ia juga mengatakan, langkah China itu sebagian ditujukan untuk meningkatkan tekanan pada Taiwan, yang diklaim sebagai wilayahnya sendiri. Vaksinasi dalam rangka mengatasi pandemi COVID – 19 memang sedang gencar – gencarnya dilakukan.

Untuk mengamankan akses terhadap vaksin buatan Cina dan peralatan kesehatan yang dibutuhkan, pemerintah Indonesia dilaporkan telah menganggarkan dana sebesar Rp 1,104 triliun. Indonesia juga diproyeksikan akan menjadi hub produksi vaksin di Asia Tenggara. Selain itu, selaras juga dengan konstitusi UUD 1945 yang mewajibkan negara untuk memenuhi hak-hak konstitusi warga dan melindungi segenap tumpah darah Indonesia. [newline]Demikian juga senapas dengan Pancasila sebagai ideologi, yang salah satu silanya terus mewanti-wanti agar kebijakan publik apapun mesti dalam kerangka penegakan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Kerangka kebijakan yang mendefinisikan sekaligus memposisikan setiap warga negara sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai bagian dari seluruh umat manusia dan makhluk Allah Yang Maha Esa.