Kisah Nabi Syuaib As & Keteladanannya

Agus membuat perumpamaan ketika orang- orang mampu membeli kendaraan dengan fasilitas kredit. Untuk petani, menurut pengalamannya, bisa membeli kendaraan dengan tunai meskipun kendaraan itu berharga fantastis dan jarang orang yang mampu memiliki. Bukan menolak, namun Agus meminta waktu ke pemilik lahan untuk melihat serta meneliti lahan tersebut layak atau tidak untuk ditanami pohon alpukat. Setelah diteliti dengan cermat, Agus pun menyimpulkan tanah pengusaha tersebut tidak layak untuk ditanami alpukat. Kalaupun tanah itu bisa ditanami alpukat, dia meyakini pada tahun keempat atau kelima setelah ditanam, pohon itu akan mati karena akarnya busuk.

Berdagang dengan hati

Seperti misalnya dengan tersenyum atau seolah-olah memperlakukan pembeli seperti raja mereka akan merasa lebih senang. Untuk itu bersikap baiklah kepada para pembeli agar barang dagangan menjadi laris dan berkah. Rasulullah Saw dibesarkan di lingkungan keluarga yang berkecimpung di dalam dunia jual-beli atau perdagangan. Awal Nabi berdagang ketika Abu Thalib, paman beliau mengajaknya untuk berdagang ke Negeri Syam. Di tengah situasi dan kondisi pandemic seperti saat ini, cukup membuat usaha jamur krispinya sedikit terhambat. Namun, dengan otak bisnis yang kreatif, Fikri memulai bisnis barunya yang diberi nama FCK Factory.

Ia sama sekali tidak pernah menjelek-jelekan dagangan milik orang lain. Sebagai muslim, sudah semestinya tidak direpotkan untuk mencari figur pebisnis yang sukses di usia muda, dia adalah Rasulullah Muhammad SAW. Beliau adalah pebisnis yang handal, pedagang yang jujur, sukses dan bersahaja. Karakter dan sifat Nabi Muhammad SAW dalam melakukan proses bisnis sungguh sangat mulia.

Berikut sembilan di antaranya etika dalam berdagang menurut Islam yang perlu dipahami agar dagangan yang dijual laris dan berkah. Rezeki yang didapat dari hasil berdagang, tentu terdapat bagian orang lain yang Allah titipkan. Usia delapan sampai 12 tahun menggembala domba, usia 12 tahun ikut berdagang ke negeri Syam dengan rombongan pamannya, Abu Thalib. Usia 25 tahun, menjadi pengelola perdagangan Siti Khadijah yang berangkat ke negeri Syam. Menurut Maysarah, selama ia mengikuti kafilah dagang Muhammad, ia melihat dua malaikat membawa awan di atas kepalanya untuk melindunginya dari terik matahari. Di tangan Muhammad, hasil perdagangan mengalami peningkatan.

Ia juga mengaku belum pernah menerima bantuan dari pemerintah. Namun, dalam penganggaran perusahaan dagang terdapat anggaran pembelian dan persediaan. Anggaran pembelian barang serupa dengan anggaran produksi yang tujuannya juga untuk mencari nilai HPP.

Seorang marketer mestilah sosok komunikator yang ulung, yang mampu menjembatani antara pihak perusahaan dan pihak customer. Masalahnya akan sangat krusial jika seorang marketer tidak dapat memberikan informasi yang diharapkan oleh buyer. [newline]Bisa jadi banyak buyer yang lari ke produk perusahaan lain gara-gara seorang marketer yang tidak dapat menjelaskan produknya ke buyer. Bila anda seorang marketer, maka anda harus mampu menyampaikan keunggulan-keunggulan produk dengan menarik dan tepat sasaran tanpa meninggalkan kejujuran dan kebenaran.

Beliau tidak pernah menjual barang cacat, apabila ia temukan sekecil apapun, maka beliau tidak sembunyikan. Nabi Muhammad terus terang menyampaikan kelebihan dan kekurangan barang. Di tengah kesibukan untuk bertahan hidup, inilah cara Nabi Muhammad dagang yang patut Anda tiru agar bisnis semakin berkah dan sukses.

Penyataan HAM juga tersirat dan tersurat di dalam bunyi untuk menentukannilai dasar Pancasila yang juga diterjemahkan dalam Pembukaan UUD 1945 alinea empat. Sementara itu, pasal-pasal dalam UUD 1945 senang tentang satu persatu. Hak asasi manusia diatur dalam pasal 27 sampai pasal 34 UUD 1945.

Dengan demikian perilaku dalam bisnis hendaknya sesuai dengan yang dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya, dengan menghindari yang dilarang Allah SWT dan Rasul-Nya serta menjauhi produk yang dilarang. Karena cinta dan kasih sayang Allah, Nabi Muhammad SAW sedari kecil selalu menunjukan perangai dan akhlak mulia dalam segala hal, termasuk dalam hal berdagang. Ketiadaan orangtua dalam kehidupan beliau membuat Nabi Muhammad kecil mau tak mau menjadi orang yang mandiri. Inilah cara Allah SWT untuk mendidik Nabi menjadi pribadi yang tidak suka bergantung pada kemurahan hati orang lain. Dalam berbisnis, kita akan bertemu dengan berbagai orang yang memiliki karakter bermacam-macam. Pada dasarnya seluruh kegiatan ekonomi itu dibolehkan, selama tidak bertentangan dengan syariat Allah.

Jadi, masalah manusia tidak dapat dihilangkan oleh orang lain, oleh masyarakat, atau oleh negara. Meskipun pada pelaksanaannya banyak perpindahan yang dilakukan terhadap hak asasi manusia. Berdasarkan pengertian hak asasi manusia tersebut, maka ditetapkan hak asasi manusia yang berlaku universal.