Minimalkan Korupsi, Ubah Penyaluran Bansos Jadi Money Switch

Joy menegaskan bahwa perusahaan yang bermarkas di Solo itu justru yang ditawari oleh pihak Kemensos untuk memproduksi tas bansos. Diberitakan sebelumnya, jagat media sosial bergema atas isu Gibran terlibat di skandal bansos. Di Twitter bahkan sempat trending hashtag bertuliskan #tangkapanakpaklurah. Calon Wali Kota Solo itu mengaku tidak pernah merekomendasikan pembuatan tas bansos ke PT Sri Rejeki Isman Tbk alias Sritex. Saat ini, lanjut Risma, pihaknya tengah melakukan proses percepatan agar para keluarga penerima manfaat yang selama ini tidak mendapatkan haknya, bisa segera menerima hak mereka.

“Hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, berterus terang, menyesali perbuatan dan mendapat status sebagai pelaku yang bekerja sama atau’justice collaborator’,” jelas jaksa Ikhsan. Aa Umbara bahkan meminta Totoh Gunawan menyiapkan stiker bergambar dirinya untuk dimasukkan ke dalam tiap paket bansos. Totoh Gunawan disepakati menjadi penyedia bansos sebanyak 120 ribu paket.

Jaksa juga menuntut agar hakim menjatuhkan pidana denda sebesar Rp400 juta subsider enam bulan kurungan dan uang pengganti senilai Rp1,fifty six miliar. Matheus sendiri adalah terdakwa dalam kasus suap pengadaan Bantuan Sosial penanganan Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek. Jaksa berharap agar majelis hakim pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman penjara selama eleven tahun. Sekitar bulan Maret 2020, pemerintah pusat menyatakan status pandemik COVID-19, untuk menanggulangi dampaknya pemerintah daerah diwajibkan menyediakan anggaran untuk penanggulangan pandemi COVID-19. Jaksa juga meminta agar majelis hakim memberikan pidana pengganti sebesar Rp 14,5 miliar dan mencabut hak politik politikus PDI-P itu selama 4 tahun.

Pengecekan lapangan dilakukan untuk memastikan masyarakat terdampak pandemi mendapatkan bantuan sesuai ketentuan. Untuk menghindari atau menutup celah korupsi, Mensos Risma membeberkan tiga langkah strategis. Pertama, melakukan sinkronisasi dan pemadanan knowledge dengan Nomor Induk Kependudukan di Kementerian Dalam Negeri. Pengadilan harus memperkuat sense of crisis atas dampak korupsi bansos dan korupsi serupa lainnya, dan tidak menolak gugatan warga atas dasar yang janggal.

Baik melalui media radio, elektronik, koran hingga langsung terjun ke tengah masyarakat. Karena, ada korban lain yang fotonya ikut masuk akun fetish mukena secara ilegal. Sebagai informasi, foto-foto dari korban masuk ke akun fetish mukena tanpa izin. “Saya sudah dapat ijin BI, OJK dan akan dibantu oleh anak-anak muda dari Fintech Indonesia, untuk menyiapkan aplikasi. Nanti dengan aplikasi itu, penerima manfaat tidak harus belanja di E-Warong, tapi bisa ke tempat lain. Selain itu juga bisa untuk memonitor apakah bantuan dibelanjakan sesuai kebutuhan atau di luar itu.

“Jika tidak mencukupi, maka diganti dengan pidana penjara selama dua tahun,” kata jaksa. Joko bertugas mengutip Rp10 ribu/paket sembako sebagai fee setoran dan Rp1.000/paket sembako sebagai charge operasional dari para perusahaan vendor penyedia bansos sembako. “Hari ini, dilaksanakan tahap II dengan tersangka MTG dari tim penyidik dan kepada Tim JPU, karena berkas perkara dimaksud telah dinyatakan lengkap.”

Korupsi Bansos

Atas arahan Presiden, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan jajaran telah bergerak cepat. Mensos memutuskan penambahan bantuan sosial eksisting dan bantuan pangan untuk membantu kebutuhan pokok masyarakat. Mensos Risma dan jajaran juga secara intensif turun dan mengecek langsung penyaluran bansos di sejumlah daerah.

Juliari memohon kepada hakim agar dirinya tidak diberi hukuman alias bebas meski sudah terbukti menerima suap sekitar Rp32,4 milyar. Ya, Penny mengaku bahwa praktik korupsi bansos PKH telah lama berlangsung. Uang itu diterima Juliari dari berbagai perusahaan vendor penyedia paket bansos.