Pentingnya Perencanaan Keuangan Perusahaan

Pastikan hanya memasukkan rencana bisnis yang benar-benar penting dan relevan. Kita tidak memerlukan ide baru yang sangat hebat untuk memulai suatu bisnis. Justru ide baru jauh lebih sulit diterima investor, mereka tidak lekas percaya karena belum memahami ide tersebut.

Atas dasar itu, mengangkat SDM berkualitas merupakan strategi bisnis yang paling vital. Dengan membuat, menyesuaikan, dan melihat pada rencana bisnis, para pemilik bisnis dapat mengulik peluang inovasi baru yang sesuai dengan minat pasar. Hampir sama dengan poin sebelumnya, rencana bisnis yang jelas dan tersusun dengan baik akan membantu kita untuk mendapatkan dana atau tambahan modal dari para investor yang ingin menanamkan modal mereka pada bisnis kita. Bukan hanya itu, ini juga akan memudahkan para donatur untuk memberikan bantuan modal pada bisnis kita. Sehingga, kita bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih luas dan lebih mapan.

Pentingnya rancangan bisnis

Kesepakatan apa pun harus dibuat sangat jelas sehingga kedua belah pihak tahu apa yang telah diputuskan. Pengumpulan data terkait dengan kepentingan dan sudut pandang dari kedua pihak yang berselisih yang telah didiskusikan bersama perlu diklarifikasikan. Seorang negosiator harus mampu membaca karakteristik seseorang dari masing-masing kedua belah pihak sehingga dapat mengetahui gaya pembicaraan dan sudut pandangnya. Penyusunan dilakukan agar negosiasi dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan skema penyusunan yang telah direncanakan.

Rincian biaya diperlukan dalam sebuah business plan untuk mengantisipasi kerugian yang akan timbul nantinya. Perencanaan merupakan proses dasar bagi organisasi untuk memilih sasaran dan menetapkan bagaimana cara mencapainya. Akan tetapi untuk perusahaan yang sudah berskala besar sudah tentu mereka memiliki plan dalam menjalankan kegiatan perusahaan mereka. Struktur mereka pun sudah jelas diatur sedemikian rupa sesuai dengan plan, lengkap dengan devisi yang mengontrol bagian masing – masing. Sebagian besar pebisnis setuju dengan pendapat bahwa membuat bisnis plan itu penting. Akan tetapi di zaman yang trendy sekarang ini, kita bisa melihat ternyata ada beberapa pelaku bisnis yang berhasil berkompetisi tanpa plan formal yang mungkin menyesuaikan dengan situasi.

Anda bisa memilih media berjualan ataupun kegiatan penjualan yang cocok untuk diterapkan pada produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan USP dan target market yang telah Anda tentukan, Anda dapat menentukan ‘positioning’ yang tepat untuk produk maupun jasa yang Anda tawarkan dalam marketing plan Anda. Anda juga dapat menentukan vary harga yang tepat untuk produk dan jasa yang Anda miliki sehingga dapat memberi image yang tepat untuk model Anda. Sebuah rencana bisnis berfungsi untuk mengkristalkan visi bisnis dan membimbing untuk memenuhi visi tersebut. Jika pembiayaan bisnis berasal dari investor, maka visi harus dirancang sebaik mungkin untuk menarik investor. Namun saat pembiayaan berasal dari sendiri, visi yang dimasukkan bebas memasukkan sesuai idealisme.

Dengan perencanaan yang akurat, Anda dapat mengambil posisi terdepan untuk mengontrol semua aspek penghasilan, dan bekerja untuk membangun platform keuangan yang strong dalam hal kehidupan pribadi dan profesional. Karena itu jangan pernah melewatkan pembuatan business plan ketika kamu berniat untuk memulai sebuah usaha. Rancangan yang informatif dan detil akan membuat calon investor memiliki gambaran yang jelas akan usaha kamu. Saat membuat marketing strategy, kamu menjadi tahu masalah apa yang akan kamu hadapi dan kamu bisa mempertimbangkan dampak dari setiap masalah tersebut serta mencari jalan keluar untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada. Dengan melakukan perencanaan tentu kamu sedang melakukan persiapan membangun dan menjalankan suatu bisnis dengan serius dan profesional.

Manfaat business plan adalah memberikan informasi yang dibutuhkan kepada pemilik dan pimpinan bisnis, untuk mencapai tujuan. Kerangka bisnis plan bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pemilik usaha. Kerangka di atas hanyalah contoh untuk memudahkan pembuatan dokumen bisnis plan. Pada dasarnya dokumen rencana bisnis yang baik memuat hal-hal penting terkait dasar pendirian perusahaan, tujuan, rencana pembiayaan, dan produk yang dihasilkan.

Mempermudah untuk menjalankan usaha dengan mengetahui langkah-langkah praktis dalam menghadapi persaingan, membuat promosi, dan sebagainya, sehingga usaha akan lebih efektif dan menghasilkan keuntungan. Alat untuk mencari dana, sehingga Anda dapat mengatur keuangan dan berhasil dalam bisnis. Apabila dokumen akan digunakan untuk mengajukan pinjaman dana, bagian ini bisa digunakan untuk merinci kebutuhan tambahan yang diperlukan. Sebagai contoh sebuah perusahaan berencana untuk menambah armada pengiriman. Maka dapat diberi keterangan bahwa pinjaman yang diajukan sebesar beberapa ratus juta akan digunakan untuk membeli satu unit mobil field merk tertentu, demi kemajuan perusahaan dan kelancaran pengiriman. Justru melalui tax planning itulah akan membantu kelancaran usaha yang didirikan, bahkan bisa menguntungkan dengan adanya pajak itu sendiri.