Perpanjangan Ppkm Degree 4 Hingga 2 Agustus 2021, Pelaku Usaha Diberi Kelonggaran

PPKM Level 4 Jawa-Bali diputuskan diperpanjang mulai dari three Agustus sampai dengan 9 Agustus 2021. Disisi lain, BMI juga menilai bahwa kelanjutan PPKM Level four mirip motivasi yang ingin pemerintahan Jokowi berjalan tiga periode. Padahal, berkaca dari catatan sejarah di masa Orde Baru, ada rasio politik pembangunan yang relatif melegimitasi perpanjangan masa jabatan Pak Harto, yaitu rencana pembangunan lima tahun .

Ketiga, penyediaan alat kesehatan, khususnya oksigen, obat-obatan dan vitamin perlu dijaga agar tidak terjadi kelangkaan dan harga yang tidak terjangkau. Hal ini dilatari temuan di lapangan bahwa sudah banyak penderita Covid-19 yang tidak terselamatkan lantaran tidak tersedianya oksigen, khususnya pasien kritis yang melakukan isolasi mandiri. Luhut selaku penanggung jawab PPKM menyatakan, bahwa pihaknya sangat terbuka untuk menjelaskan secara detil kebijakan yang diambil pemerintah untuk mengendalikan kasus Covid-19 tersebut. “Kita sejak dini dan sejak sekarang bisa menilai dan mencatat apakah pemerintah saat ini layak atau tidak untuk meneruskan ke tiga periode? BMI juga menilai, memaksakan masa jabatan presiden tiga periode sangat serius implikasinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Respon lain dari APBN untuk PPKM darurat adalah menambah goal penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro dengan total alokasi Rp15,36 triliun untuk 12,8 juta usaha mikro dengan indeks bantuan Rp1,2 juta bantuan produktif money. Untuk kuartal 1 dan kuartal 2 baru terealisir 9,eight juta penerima dengan realisasinya Rp11,seventy six triliun. Pemerintah memutuskan melalui Pidato Resmi dari Presiden Joko Widodo pada 2 Juli 2021 dengan penegasan setelah rencana ini sempat menjadi simpang siur bahkan polemik dikalangan ekonom maupun dunia usaha yang khawatir bahwa Indonesia kembali masuk ke jurang resesi. Seperti biasa, Presiden kembali menunjuk Menteri Koordinator dalam hal ini Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan sebagai Koordinator PPKM Darurat ini, bukan lagi diberikan kepada Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPC-PEN, Airlangga Hartarto. Hal ini mengisyaratkan bahwa kejadian ini luar biasa dan butuh fokus sehingga sosok Menko Luhut dinilai tepat. Penegasannya bahwa ini merupakan situasi yang Darurat seakan Pemerintah harus mengganti pendekatan ‘gas dan rem’ agar lebih digas kearah fokus kesehatan.

Politik PPKM

Teddy menyebut bahwa penerapan PPKM Darurat ini bertujuan untuk kebaikan rakyat Indonesia. “Jika PPKM mikro terimplementasi dengan baik, tindakan-tindakan di lapangan yang terus diperkuat, semestinya laju kasus bisa terkendali. Persoalannya, PPKM mikro saat ini belum menyeluruh dan masih sporadis di beberapa tempat,” imbuhnya. Konyol juga membandingkan TKA yang boleh masuk dengan orang lokal yang harus tinggal di rumah.

Menurutnya, lebih baik warga bersama-sama pemerintah tetap fokus dalam penghadapi pandemi Covid-19. Lebih lanjut Sahroni menyampaikan pandangannya atas kritikan di masyarakat yang menilai kebijakan pemerintah tidak jelas karena terus berubah-ubah. Selain itu, Pemerintah juga akan memberikan insentif untuk Usaha Mikro atau Super Mikro yang sifatnya casual (misalnya warung, PKL, lapak jajanan, dll.) sebesar @Rp1,2 juta untuk sekitar 1 juta usaha mikro yang terdampak Level four, yang akan disalurkan oleh TNI/Polri. Mekanisme atau tata cara penyaluran bantuan akan diatur dalam Pedoman Umum dan Petunjuk Teknis yang ditetapkan dan dilaksanakan oleh TNI/Polri, dan disusun dengan berpedoman pada Permenkeu mengenai Pemberian Bantuan Pemerintah, serta akan dilakukan pendampingan oleh Kemenkeu dan BPKP.

Beberapa tempat usaha yang diberi kelonggaran itu, Surjadi menyebutkan seperti pasar rakyat, toko yang menjual selain makan dan minum. Kelonggaran itu merupakan jalan tengah untuk mengimbangi kepentingan kesehatan dan ekonomi yang harus berjalan bersamaan. Pakar Nilai PPKM DKI Tak Efektif, Desak Lockdown, dan Tingkatkan 3T Pakar epidemiologi dari Griffith University menilai PPKM mikro di Jakarta tak efektif menurunkan penyebaran virus corona. Ia menyarankan agar lockdown hingga peningkatan tracing, testing, dan treatment .

Sebaran tersebut sangat provokatif dengan tujuan mengajak masyarakat turun ke jalan di tengah darurat Covid-19. Bahasan.ID adalah wahana dan sarana yang disediakan untuk masyarakat sebagai alat untuk saling berkenalan, bertukar ide dan gagasan mengenai perkembangan hukum, masyarakat, dan pembangunan di Indonesia. “Kami sudah sinkronkan sehingga tidak ada perbedaan antara waktu yang diberlakukan di Makassar dan waktu yang diberlakukan di Kabupaten Gowa agar masyarakat Gowa maupun Makassar tidak bingung, terlebih penduduk Gowa forty five persen beraktifitas di Makassar,” jelas Adnan.

Semua elemen masyarakat diharapkan terus meningkatkan kesadaran dan kepatuhan melaksanakan protokol kesehatan serta mengindahkan setiap larangan dan pembatasan aktivitas. [newline]PPKM Darurat secara menyeluruh harus dan perlu dievaluasi, komunikasi di sosial media terkait PPKM darurat yang banyak menyebabkan keresahan dimasyarakat saat PPKM akan diperpanjang terutama bagi mereka masyarakat yang memiliki penghasilan harian perlu dicarikan solusinya. Jodi meminta masyarakat taat protokol kesehatan, tetap di rumah, dan selalu pakai masker di manapun berada. Tidak mematuhinya akan berujung sanksi atau nyawa anda, orang tua, anak dan keluarga anda sendiri tetap bersatu melawan COVID-19.

Pada dasarnya, hampir seluruh sekolah sudah menyatakan kesiapan melaksanakan PTM. Namun ada beberapa sekolah yang menginginkan untuk meminta kembali perizinan dari orang tua siswa untuk anak-anaknya mengikuti PTM meskipun perizinan tersebut mereka kantongi sejak lama. Untuk teknis pelaksanaannya, lanjut Edi, akan diberlakukan pembatasan atau pengurangan jumlah siswa dalam setiap kelas yakni maksimum 50 persen dari kapasitas ruang belajar. Kemudian sekolah-sekolah juga sudah mempersiapkan sarana prasarana penunjang protokol kesehatan seperti termogun atau alat pengukur suhu tubuh, wajib mengenakan masker, tempat cuci tangan, hand sanitizer serta seluruh guru sudah divaksin Covid-19.