Tantangan Dan Peluang Ekonomi Di Tengah Pandemi Corona

Dengan diterbitkannya serangkaian paket kebijakan ekonomi tersebut menunjukkan bahwa pemerintah memiliki rasa percaya diri dan optimisme yang cukup tinggi untuk dapat menghindari krisis ekonomi. Percaya diri dan optimisme yang dimiliki oleh pemerintah ini sangat diperlukan namun harus berada pada ukuran yang proporsional agar tidak masuk pada kondisi yang overconfidence. Lebih dari itu semua yang juga perlu dilakukan oleh pemerintah adalah keberanian untuk menasionalisasi aset asing yang ada di Negara kita. Karena sesungguhnya kekayaan alam kita jika dikelola dengan baik dan betul-betul diperuntukkan untuk sepenuhnya kepentingan rakyat Indonesia, masalah ekonomi yang dihadapi oleh kita akan terselesaikan.

“Dengan tingkat inflasi tinggi, konsumsi rumah tangga juga turun sejalan dengan daya beli yang juga menurun. Dari sisi makro ekonomi, dengan adanya stimulus fiskal yang disertai dengan realokasi anggaran untuk kesehatan, perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi nasional dari sektor keuangan, diharapkan akan dapat meningkatkan perekonomian secara perlahan di kuartal ketiga. Masyarakat harus diberdayakan untuk menjadi kekuatan otonom untuk membangun harga diri dan martabatnya, sehingga tidak perlu membungkuk kepada pemilik modal atau kekuasaan. Namun demikian, peran masyarakat adalah faktor kunci untuk membangun pemberdayaan masyarakat. Kebijakan fiskal discretionary merupakan jenis kebijakan fiskal yang digunakan pemerintah untuk menyingkapi perubahan kondisi ekonomi. Kebijakan fiskal discretionary dilakukan dengan melakukan perubahan pada anggaran belanja negara, lewat berbagai instrumen, seperti perubahan aturan perpajakan atau perubahan pos-pos pengeluaran.

Sektor-sektor yang terdampak termasuk akomodasi dan jasa makanan; perdagangan retail dan besar; manufaktur; dan properti. “Para pekerja dan bisnis menghadapi bencana, baik di negara maju maupun berkembang,” kata Direktur Jenderal ILO Guy Ryder. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menegaskan, pihaknya tidak akan membiarkan skenario nilai tukar rupiah Rp20.000 per dolar AS terjadi. Bahkan, ia menyatakan, nilai tukar rupiah saat ini, yang berada pada kisaran Rp16.000 per dolar AS, sudah cukup stabil. Dalam kesempatan tersebut, Ani juga mengumumkan, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berpotensi melemah hingga Rp20.000 per dolar AS akibat wabah COVID-19. Mengambil pemikiran Morganthau, kedaulatan adalah kekuasaan hukum tertinggi dari bangsa yang membuat dan melaksanakan hukum di dalam wilayah tertentu dan, sebagai akibatnya, bebas dari kekuasaan bangsa lain dan persamaan hak dengan bangsa lainnya menurut hukum internasional.

Teori pembangunan seperti yang dikembangkan di Barat, banyak dipengaruhi oleh kakrakteristik unik dan spesifik, juga dipengaruhi oleh nilai dan infra struktur sosial politik ekonomi Barat. Karena kelemahan mendasar inilah, maka teori tersebut tidak mampu menyelesaikan persoalan pembangunan di berbagai negara berkembang. Kesimpulannya, konsep dan kebijakan ekonomi yang berdasarkan kapitalisme dan sosialisme, terbukti telah gagal mewujudkan perekonomian yang berkeadilan.

Mengamati perekonomian negara

Ekonomi Islam adalah salah satu mata kuliah pada Jurusan Manajemen Bisnis Syariah pada Fakultas Ekonomi Bisnis Islam yang membahas tentang kedudukan ekonomi dalam Islam. Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan nantinya dapat membekali mahasiswa untuk memahami fondasi dasar ekonomi Islam secara keseluruhan dan mampu mengaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari. Materi matakuliah ini berisi pengenalan ekonomi Islam dalam membahas pengertian, prinsip dasar, metodologi dan karakteristik, sehingga mereka memiliki kemampuan dalam menjelaskan perbedaan pandangan ekonomi Islam, kapitalis dan sosialis. [newline]Kemudian juga mempelajari sejarah pemikiran ekonomi Islam, perilaku konsumsi Islam, teori produksi Islami. Permasalahan perubahan iklim yang berpotensi menciptakan 100 juta orang miskin baru, karena gejala iklim seperti El Nino yang terparah terjadi sejak akhir tahun 1990-an melanda beragam kawasan, seperti di Afrika Timur dan Selatan, Amerika Tengah, dan Karibia. Islam mengambil suatu kaidah terbaik antara kedua pandangan yang ekstrim dan mencoba untuk membentuk keseimbangan di antara keduanya. Sedang hal-hal yang tidak secara jelas diatur dalam kedua sumber ajaran Islam tersebut diperoleh ketentuannya dengan jalan ijtihad.

Belanja melalui web atau yang biasa kita kenal dengan E-commercedapat membantu perusahaan untuk memperluas pangsa pasar pada tingkat nasional bahkan hingga luar negeri. E-commerce termasuk dalam transaksi perdagangan barang atau jasa lainnya, hanya berbeda dalam cara atau alat yang digunakannya saja. Semakin banyaknya platform E-commerceyang bermunculan di Indonesia membuat laporan dan data transaksi online semakin marak dan sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Kita dapat bersikap kritis terhadap pengaruh globalisasi dan menyaring nilai-nilai yang masuk dari luar, bila kita mampu memperkuat nilai-nilai kepribadian bangsa Nilai-nilai tersebut meliputi nilai-nilai adat, nilai-nilai moral, dan agama yang diwariskan nenek moyang. Konsepsi Ketahanan Nasional dapat dipandang sebagai suatu pilihan dan konsepsi tentang kekuatan nasional yang biasanya dianut oleh negara-negara besar di dunia. Konsepsi tentang kekuatan nasional bertumpu pada kekuatan, terutama kekuatan fisik militer dengan politik kekuasaan, sedangkan Ketahanan Nasional tidak semata-mata mengutamakan kekuatan fisik, melainkan memanfaatkan daya dan kekuatan lainnya yang ada pada suatu bangsa. Ketahanan Nasional pada hakekatnya merupakan suatu konsepsi dalam pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan kemakmuran serta pertahanan dan keamanan di dalam kehidupan nasional. Untuk dapat mencapai tujuan nasional suatu bangsa harus mempunyai kekuatan, kemampuan, daya tahan dan keuletan.